Rabu, 05 November 2008

TALENT IS NOTHING!

Ada 2 jenis salesman mnurut keith eades:eagle people and journey people. Eagle people adalah tipikal salesman yg berbakat,udah dari sononya jago jualan,jago cuap2.sdgkan si journey people adalah salesman yg tidak punya bakat dari sononya sbg tukang cuap2 namun dalam karirnya ia menjadi seorang salesman.seorang eagle karena merasa dirinya jago jualan cenderung punya gaya berjualan sendiri yg menurut mereka adalah bagus dijamannya.ini asset bagi saya,apalagi saya punya 2 orang eagle di kantor.awalnya prestasi si eagle mengagumkan, namun dalam perjalanan si eagle ini kurang menunjukkan growth dengan cara berjualan mereka sendiri yg bisa mengikis profitability perusahaan.
dikatakan oleh mr eades bahwa eagle people cenderung melakukan blunder,ini terjadi dengan ke2 orang eagle people di kantor saya.owner bilang "I don't mind losing money on my way,but not theirs".
Di kutub lain saya punya journey people.tipe ini lebih luwes untuk ditraining,dan bisa menjadi potensi besar menjadi champion asalkan diberikan metodologi dan training yg tepat guna.kira2 yg manakah champion?bila eagle tidak mau menyerap metodologi sales yg proven dan kekeh on his way,maka peluang blunder semakin besar.dan bila journey people bisa menyerap asupan training dan mengimplementasikan metodologi dgn baik,ia akan jauh lebih berhasil meningkatkan penjualan anda daripada si eagle people.
Contoh lain ada di sebuah dvd jepang yg saya tonton dahulu kala. Lupa judulnya,tapi sangat terekam pesannya.kisah ttg 2 sahabat di smu yg hobi bermain pingpong.satu orang digambarkan berbakat dari sononya main pingpong,jago bgt walaupun jarang latihan alias malas. Satu org lagi tidak punya skill setinggi temannya itu,namun rajin berlatih.
dalam beberapa sesi latihan seringkali si pemalas nan jago ini menang melawan si pekerja keras penuh semangat.walaupun kalah selalu, dia tetap berlatih disaat si prodigy tidur2an dan mabuk2an.
saatnya tiba pertandingan sesungguhnya antar pelajar smu di jepang.keduanya ikut serta,dan bertemu di final.tentu saja semua orang menjagokan si prodigy nan pemalas karena skill yg tinggi.hasil akhir?mirip cerita eagle vs journey. Sang prodigy bertekuk lutut oleh disiplin dan kematangan skill sang sahabat.journey people lah pemenangnya.latihan latihan dan latihan adalah kuncinya.jadilah apapun yang anda suka dan untuk itu anda terpaksa.lupakan bakat dan nasib.insya allah anda akan mencapai keberhasilan bahkan lebih berhasil dari mereka yg berbakat dab bernasib baik sekalipun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar