Rabu, 19 November 2008

Rock Shox Tora up and down in Tajur Halang Bogor


"sabtu ke tajur halang ngetes fork dan sepatu kelas dunia". Begitu isi sms dari flying_joe.g jawab"ok".singkat aja sambil nyetir mobil pulang kantor jumat malam 14 nov.direncanakan g dan joe naik kereta dari stasiun tebet ke bogor.sepedanya ? Juga dong ikutan masuk gerbang.kenyataannya?ga jadi naik kereta gara2 g telat bangun.janjian di st tebet jam 5pagi,g baru berangkat jam segitu dari kebon jeruk.akhirnya diputuskan ga jadi markir sepeda di warung ba jum tebet,tapi sepeda joe juga ikutan masuk yrv ke bogor.padahal si joe dah beli tiket kereta,sori om.
Jam 6 kurang ,mobil dah keluar tol bogor menuju bank lippo samping hotel salak.kala weekend parkiran lippo ramai karena banyak tukang jajanan sarapan pagi dan om om meeting genjot di bogor. Masuk parkiran sdh ada serombongan sepeda meluncur.g parkirin mobil,unloading sepeda,sarapan roti ,sambil nungguin 3 org teman genjot. 2 org mash di gerbong kereta ,1 lainnya meluncur di jagorawi.tidak brp lama, datanglah 2 pasang sepeda ,om daniel dan om jaya. Daniel adalah mahasiswa sastra prancis ui,sdgkan jaya karyawan securicor.jaya ceria bgt gak kelihatan abis shift malam.1 lg ditunggu...lama buanget.akhirnya datang dan itu udah 2 jam! Keliatan si joe kecewa...hehe...joe paling ga suka main siang.ya memang main spd gunung itu enak bgt kalo shubuh2 .jam 8 matahri bisa mengurangi semangat genjot di hutan.
Berempat kami sewa angkot menuju tajur halang di lereng gunung salak.goban ongkos charter angkot yg penuh dgn 5 sepeda dan 5 riders.posisi start berada di perkebunan nanas bogor.dari ketinggian terlihat pemandangan kota bogor dan satu tower telekomunikasi dibawah.tinggi juga!kebayang kalo genjot dari bawah tanpa naik angkot...gempor duluan...on road lg...mtb makruh kalo on road.
Mulai genjot,lewatin kebon nanas dgn singletrack dimana samping kiri langsung jurang.asyik nh...walau kesiangan,sepeda kami genjot santai ga main speed.tujuan kami adalah hutan pinus yang sejauh mata memandang mash jauh di atas.sempat berhenti di seberang sungai yg memisahkan kebun nanas dan hutan pinus.udaranya sejuk sekali,keringat bercucuran dan napas ngos2an.liat di jam tangan suunto heart rate adalah 182.ngobrol2 sambil makan beng2 untuk nyolong energi.wandi yg telat datang mengambil digicam,kami pun berfoto..ya kenyataannya malah sepedanya wandi yg banyak difoto.
Lanjut genjot..nyebrang sungai lalu naik ke bukit hutan pinus. Ini masih nanjak bung!harapannya adalah kalo banyak nanjak maka turunannya maknyuss.kami bukan atlet,jadi seringkali ttb alias tuntunbike...dorong sepeda di tanjakan karena habis tenaga,dengkul dah soak.maklum ga ada yg jual dengkul lance amstrong di sini.sampai lah di puncak hutan pinus,lega ini berarti downhill time!ga ada lagi ttb.tapi istirahat dulu minum,ambil nafas.kalo di tengah hutan spt ini,capek cepat sekali hilang.siap2 nh ngetes fork baru rock shox tora.siap?mulai berbaris.spt biasa joe memulai turunan single track,rolling ban sepeda dengan cepat.saya dan lainnya menyusul satu persatu. Track ini adalan tanah basah bekas hujan dengan banyak akar dan sedikit lumut dan berbatu.komplit dah!semua ada.surprise dan makin pede,tora mengemban tugas dengan baik,undakan undakan tanah setapak dilompati dengan gembira.roll,rem,roll,nikung,stop. Si joe cepat bgt,jadi dia dah brenti duluan di depan nungguin anak2 takut salah jalan.semua lengkap...genjot lagi sampai akhirnya turun hujan!bahaya!jas hujan ga kebawa,raincover tas ketinggalan juga.yo wis,tanggung,genjot aja dh walaupun yg lain dah setting track hujan dengan menutup tas punggung dengan rain cover.jalur pun disirami air,ban sepeda berpacu dengan aliran air di tanah.cipratan tanah menghalangi pandangan,sesekali g seka dengan tangan.kalo hujan begini ditrack g paling suka karena relatif handling sepeda semakin kuat ga ada tempat buat berhenti karena kalo berhenti akan licin sekali,bisa jatoh konyol.tangan sibuk menahan getaran stang,mengerem sesekali,dan tetap menjaga kontrol kokpit sepeda.lancar...wuyh...kita semua kayak anak kecil main ujan2ujanan di lapangan depan rumah.persis,muka2 bahagia ini adalah muka anak kecil yg menikmati curah hujan bogor yang energizing.
rencana dibawah ada perkampungan dan akan istirahat di warung dengan patung kuda di halamannya.mash hujan cepat sekali kami meluncurkan sepeda ke bawah,pantat nungging di belakang saddle tuk jaga keseimbangan dan mengamati jalur yg akan dipilih.apakah tetap di sisi atau ditengah track yg berbatu dan penuh rerumputan.g sih komit aja di satu jalur ga pindah2 tetap di sisi.sesekali cemas bila liat lobang di depan mata,namun sptnya tora bisa menhandle nya dgn enak.wah,tnyata di depan sudah beraspal.sptnya dikit lg ketemu warung.turunan hujan di aspal sangat menyiksa.ga lucu kalo ditanya"jatuh dimana boy?masa main sepeda gunung jatuhnya di aspal!weleh...om jaya sempat sliding di depan saya,sepedanya oleng ke kiri dgn bunyi rem dan gesekan ban dengan air dan aspal yg kencang.wah,g gimana nh yg dibelakangnya.g balap aja dh ambil jalur kanan meluncur kencang.saat itu rem sptnya ngempos dan g rasa laju sepeda g semakin cepat.butuh sesuatu untk memperlambat.nah kebetulan di depan ada jalur rerumputan berbatu di tengah.belokin aja disitu lumayan mengambat laju dan sedikit getaran bisa dihandle oleh tora....continue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar